Posted on Berikan komentar

Sudahkah ayah bunda mengenalkan kisah Nabi & Rasul kepada anak – anak??

Pernahkan terbersit dalam pikiran ayah bunda, mengapa kita sebagai orang tua seharusnya mengenalkan kisah Nabi dan Rasul kepada anak – anak kita?

Jawabannya adalah, karna kisah Nabi dan Rasul itu manfaatnya sangat luar biasa bagi anak – anak kita.

Dari kisah Nabi dan Rasul, anak – anak  bisa belajar tentang bagaimana menjadi manusia yang sabar, istiqamah, tawakal, yang taat kepada Allah Swt, dan lain sebagainya.

Nah..yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, bagaimana cara mengenalkan kisah Nabi dan Rasul kepada anak?

Berikut ini beberapa cara mengenalkan Nabi dan Rasul kepada anak – anak, antara lain :

  • Dengan cara bercerita

Ayah dan bunda dapat mengenalkan Nabi dan Rasul dengan cara bercerita. Kegiatan bercerita bisa ayah bunda lakukan pada saat menjelang tidur. Karna waktu tersebut adalah waktu yang tepat untuk menanamkan karakter pada anak. Saat bercerita, usahakan untuk memakai bahasa yang khas dan familiar dengan anak-anak. Ayah bunda bisa memulai dari mengenalkan sifat Nabi dan Rasul, menceritakan tentang sisi kepahlawan atau heroiknya Nabi dan Rasul, sehingga nantinya diharapkan akan tumbuh rasa kagum dan rasa cinta kepada akhlak Nabi dan Rasul dalam diri anak – anak kita.

  • Membacakan buku – buku kisah Nabi dan Rasul

Ayah bunda bisa mulai mengenalkan anak-anak pada bacaan yang baik sejak dini. Berikanlah buku – buku yang mengenalkan Nabi dan Rasul, seperti buku Nabiku Idolaku Balita atau Nabiku Idolaku Anak, yang nantinya diharapkan anak – anak akan mudah mengenal pribadi Nabi dan Rasul melalui buku – buku tersebut. Jika anak – anak belum bisa membaca, ajaklah anak – anak untuk memilih kisah Nabi dan Rasul yang mereka sukai, kemudian bacakanlah kisah tersebut. Buku – buku Nabiku Idolaku Balita dan Nabiku Idolaku Anak merupakan buku – buku yang memang dirancang khusus untuk anak – anak. Dengan bahasa yang mudah dipahami, gambar ilustrasi dan warna yang menarik, membuat buku – buku ini disukai banyak anak – anak.

  • Mendengarkan Kisah Nabi dan Rasul

Ayah bunda juga bisa mengajak anak – anak untuk mendengarkan kisah Nabi dan Rasul. Dengan cara ini, diharapkan imajinasi anak akan berkembang. Ayah bunda bisa memutarkan kisah Nabi dan Rasul yang ada di produk Hafizdoll, atau juga dalam Hafiz Pen dari Mushaf Maqamat For Kids. Cara ini lumayan menarik bagi anak – anak. Tidak membosankan dan monoton, karena anak – anak bisa memilih kisah mana yang ingin mereka dengarkan terlebih dahulu, kemudian mendengarkannya bahkan berulang – ulang kali.

Demikian beberapa cara untuk mengenalkan anak – anak kita pada kisah keteladanan Nabi dan Rasul. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.

 

 

 

hafizdoll.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *