Posted on Berikan komentar

Stimulus Motorik Kasar dan Halus Anak Usia 1 Tahun

Little Abid ; Cara Menstimulus Motorik Kasar & Halus Pada Anak

Yuk, Bermain Bersama Little Abid dan Ressa

“Bund, buku apa ya, yang cocok untuk anak usia 1 tahun?”
Pertanyaan ini, sering dilontarkan ibu-ibu kepada saya.

Mmm, sebenarnya buku apa saja asalkan konten isinya baik dan aman untuk tumbuh kembang anak boleh diberikan sih, Bund. Asal Bunda tahu bagaimana mengeksplorasi dan menggunakannya. Seperti menggunakan buku Little Abid dan Ressa ini.

Bunda tak perlu menunggu usia ananda 5 tahun dulu baru diberikan buku Little Abid dan Ressa. Karena Little Abid dan Ressa memang dirancang untuk anak usia dini. Jadi, semakin dini Bunda mengenalkan Little Abid dan Ressa akan lebih baik untuk menstimulus motorok kasar maupun motorik halus ananda.

Nah, apa saja yang dapat Bunda lakukan untuk memberikan stimulus anak usia 1 tahun dengan Little Abid dan Ressa? Kita simak yuk, yang berikut :

A. Menstimulus Motorik Kasar.

Little Abid ; Cara Menstimulus Motorik Kasar & Halus Pada Anak
Little Abid ; Cara Menstimulus Motorik Kasar & Halus Pada Anak

Sebelum, kita mulai eksplorasinya, Bunda perlu tahu dulu apa itu motorik kasar. Motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar sebagian besarnya saja atau seluruh anggota tubuh yang juga dipengaruhi oleh usia, berat badan, dan perkembangan anak secara fisik. Sederhananya, pengertian motorik kasar adalah perkembangan gerak yang meliputi keseimbangan dan koordinasi antar anggota tubuh, seperti aktivitas menendang, duduk, berdiri, berjalan, berlari dan naik-turun tangga.

Nah, stimulus motorik kasar dapat dilakukan dengan :

1. Izinkan ananda mendorong truck container Little Abid. Jangan heran ya Bunda, jika di tempat umum seperti kantor kelurahan misalnya, ananda senang sekali mendorong-dorong kursi tamu atau mendorong kotak amal di masjid. Nah, di rumah Bunda dapat memberikan rangsangan (stimulus) dengan memberi permainan truck container. Biarkan ia menarik-dorong truck containernya karena sejatinya dia sedang menguatkan otot-otot tangan dan tubuhnya.

2. Arahkan ananda untuk berjalan beberapa meter menuju Bunda dengan memberi pancingan buku Little Abid atau mainan yang paling disukainya. Hal ini baik untuk merangsang (menstimulus) ananda belajar berjalan.

B. Menstimulus Motorik Halus

Little Abid ; Cara Menstimulus Motorik Kasar & Halus Pada Anak
Little Abid ; Cara Menstimulus Motorik Kasar & Halus Pada Anak

Motorik Halus adalah kemampuan yang berhubungan dengan ketrampilan fisik yang melibatkan otot kecil serta koordinasi mata dan tangan.

Dan, menstimulus motorik halus ini dapat dilakukan dengan :
1. Bermain Puzzle Little Abid
Beri rangsangan ananda dengan bermain puzzle Little Abid. Abaikan ketidakcocokan letak potongan-potongan puzzle-nya. Karena pada tahapan ini, ananda sedang melatih saraf-saraf dan otot di tangannya. Yang kelak berfungsi untuk mengembangkan ketrampilan menulis, menggambar ataupun menggunting. Karena jika tidak teratimulasi dengan baik, ananda akan mudah lelah melakukan tugas-tugas seperti menulis atau menggambar di sekolah.

2. Ajak ananda membuka-buka buku Little Abid-nya. Kegiatan ini juga akan merangsang saraf-saraf di tangannya.

3. Bermain Ressa dengan menyusun kotak-kotak Ressa-nya menjadi sebuah tumpukan tinggi atau menyusun kotak-kotak ressa ke papan ressa seperti bermain puzzle.

4. Mengajak ananda menyimpan buku-buku Little Abid ke container truck-nya. Disamping ananda belajar beberes atau rapi-rapi, ananda juga merangsang motorik halusnya melalui kegiatan memasukkan benda ke dalam wadah.

Nah, itu dia kegiatan yang dapat Bunda lakukan untuk merangsang motorik kasar maupun motorik halus ananda bersama Little Abid dan Ressa.

(dari berbagai sumber)

~ nuha ~

 

https://www.tigaraksa-ep.id/hafizdollid

#stimulusmotorikkasar
#stimulusmotorokhalus
#stimulusmotorikkasardenganlittleabid
#stimulusmotorikhalusdenganlittleabid
#stimulusmotorikhalusdenganressa
#littleabid
#ressa
#tmf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *