Posted on Berikan komentar

Putus asa merupakan sifat buruk pada diri kita.

Putus asa adalah sikap yang sangat pesimis, baru mencoba sekali, lalu bilang tidak bisa.
.
Ingat, pengalaman orang-orang hebat terdahulu. Contohnya Thomas Alfa Edison. Dia mencoba melakukan eksperimen sampai 1000 kali, baru bisa menemukan lampu.
.
Dan, yang terutama contohlah nabi besar kita, Nabi Muhammad SAW yang tidak pernah putus asa dalam mengajarkan dakwah kepada umatnya.
.
Putus asa merupakan sifat buruk pada diri kita.
.
Jika ditimpa musibah menjadi kehilangan gairah untuk hidup, kehilangan gairah untuk bekerja & beraktivitas sehari-hari, timbul perasaan sedih, merasa bersalah, lambat berpikir, menurunnya daya tahan tubuh, mudah jatuh sakit karena yang ada hanyalah pandangan kosong seolah terhimpit oleh beban yang sangat berat berada di,pundaknya, sehingga putus asa meracuni kehidupan kita.
.
Simak ayat berikut:
.
‘Manusia tidak jemu memohon kebaikan dan jika mereka ditimpa malapetaka, dia menjadi putus asa dan putus harapan.’ (QS Fushilat : 49)
.
Pada surat Al Insyirah:
أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ (1) وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ (2) الَّذِي أَنْقَضَ ظَهْرَكَ (3) وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ (4) فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (5) إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (6) فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ (7) وَإِلَى رَبِّكَ فَارْغَبْ (8)
.
Artinya :
“Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu? (1) Dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu,(2) yang memberatkan punggungmu? (3) Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu. (4) Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, (5) sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (6) Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, (7) dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.(8)”
.
Ayat-ayat di atas berisi kandungan;

1⃣. Sabar atau berlapang adalah kunci menghilangkan kesulitan, rintangan dan cobaan.
.
Kita harus menerima ujian dari Allah SWT dengan hati yang tenang (sabar dan ikhlas) agar beban yang dipikul kita tidak terasa.

2⃣. Di balik kesulitan itu ada kemudahan.
.
Ulet adalah sifat yang harus kita miliki. Orang yang ulet akan selalu mencari jalan keluar dalam memecahkan masalah.
.
Tentunya dengan disertai sabar dan tidak mudah putus asa.

3⃣. Bekerja keras disertai niat sungguh-sungguh, insya Allah keinginan kita dapat terkabul.
.
Orang yang terbiasa hidup kerja keras, mereka selalu bekerja menyelesaikan masalah yang belum tuntas.
.
Pekerja keras juga orang yang pandai membagi waktu. Bayangkan saja, apabila mereka menggunakan waktu untuk nongkrong di pinggir trotoar, hidup mereka tidak akan sukses.
.
Karena sesungguhnya kebanyakan orang sukses berawal dari kerja keras.
.
Berusaha dari nol dan pantang menyerah.
.
Sumber: Arsyadini
.
-MM-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *