Posted on Berikan komentar

Poin – Poin Penting Di Masa Golden Age

Ayah Bunda pasti sudah mengenal kan yang disebut dengan istilah golden age?

Masa golden age adalah masa emas pada anak-anak di awal kehidupannya yaitu pada usia 0-5. Fase ini sangat penting diperhatikan oleh orang tua karena pada fase ini pertumbuhan anak sangat pesat. Sehingga kita sebagai orang tua ataupun pengasuh anak bisa membentuk karakter pada usia ini. Karena 80% otak anak bekerja pada masa ini.

Peran Ayah dan Bunda sangatlah penting di masa golden age ini. Ayah dan Bunda harus memperhatikan beberapa point di masa golden age anak. Apa saja itu? Mari kita simak bersama-sama :

1. Perhatikan Perkembangan Motorik Halus

Motorik halus pada anak meliputi keluwesan jari jemari anak pada saat melakukan aktifitas halus. Pada anak TK aktifitas melatih motoric halus ini seperti misalnya melatih menkancingkan baju, mewarnai, menulis atau corat coret di kertas, melipat kertas, menggunting, dll. Motorik halus ini bermanfaat untuk kemampuan menulis anak, kreatifitas dan keterampilan tangan anak.

2. Perhatikan Perkembangan Motorik Kasar

Untuk melatih motorik kasar ini bisa dilakukan dengan cara keterampilan memanjat, berlari, berenang, melompat, dan kegiatan olahraga lainnya. Melatih otot kasar sangat penting untuk usia golden age agar anak bisa mengendalikan otot-otot besar.

3. Perhatikan Perkembangan Kognitif

Perkembangan kognitif adalah perkembangan anak untuk mengolah, mengategorikan maupun mengklasifikasi sesuatu yang terlihat oleh panca inderanya.  Dalam melatih perkembangan kognitif ini peran orangtua dan sekitar sangatlah diperlukan. Seringlah mengajak anak mendatangi suatu tempat baru, tempat hiburan, kebun binatang, pegunungan dan lain sebagainya kemudian minta anak untuk menceritakan pengalaman apa yang dia dapatkan dan apa saja yang dia lihat disana. Perkembangan kognitif ini sangat penting untuk masa depan anak, agar anak bisa berfikir logis, berbahasa baik, berperilaku menyenangkan dan mencintai alam.

4. Mengenali Gangguan Tumbuh Kembang Anak

Terkadang, anak mengalami gangguan tumbuh kembang pada masa golden age. Kenali dan lakukan perbaikan secepatnya dengan berkonsultasi kepada psikologi atau dokter anak. gangguan tumbuh kembang ini meliputi gangguan interaksi social, gangguan bicara, gangguan motoric halus misalnya susah memegang gunting, gangguan motoric kasar seperti misalnya tidak mampu berlari, dan gangguan kognitif seperti misalnya tidak bisa mengenali warna pada usia TK. Sebaiknya orang tua waspada dengan gangguan-gangguan ini karena sangat berpengaruh untuk perkembangan anak di masa depannya.

5. Mengenali Potensi Anak

Dukung anak mengembangkan potensi yang dia punya. Anak Ayah dan Bunda lebih cenderung ke potensi yang mana?

Linguistik : Pintar berbahasa, menulis dan berkomunikasi
Musical : Sangat tertarik dengan music
Logical : Sedang dengan permainan angka dan berhitung
Body kinestetik : Senang dengan aktifitas olah raga dan fisik
Visual spasial : Berfikir sistematis
Interpersonal : Memahami orang lain dan bisa berbagi dengan sekitar
Natural : Mencintai alam dan mudah bergaul
Moral : Pandai mengatur emosi

6. Mendukung potensi Anak

Oang tua yang perhatian dan memahami pentingnya masa golden age anak harus memiliki pemahaman akan potensi anak agar potensi anak terarahkan dengan benar. Misalnya jika anak sangat menyukai dan berminat dengan music, dukung ia untuk les musik. Jangan hancurkan potensi mereka dengan banyak melarang dan menakut-nakuti anak.

Sumber Yayasan Pendidikan Telkom

CBS’17

#parenting #TMF #GoldenAgeAnak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *