Posted on Berikan komentar

CARA MENGHAPAL JUZ AMMA UNTUK ANAK-ANAK .

Juz Amma memiliki keutamaan bila dihapalkan dan diamalkan, karena merupakan perbuatan yang mulia sebagaimana Sabda Rasulullah Saw: Dari ‘Utsman radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda:
“Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al Quran dan mengajarkannya.” (HR Bukhari).

Selain itu keutamaan menghapal Juz Amma adalah sebagai bentuk iman dan taqwa, membawa syafaat di hari kiamat kelak, serta mendapatkan derajat yang tinggi di Surga.

Berikut, tips cara menghapalkan Juz Amma untuk anak-anak ya ayah bunda ?

1. Niat
Selalu tanamkan niat kepada anak bahwa apapun yang dilakukan karena Allah SWT. Niatkan menghapal dan mengamalkan bacaan Juz Amma ini karena ingin mendapatkan ridho dari Allah SWT.
.
2. Luangkan Waktu
Saya tidak memberikan waktu khusus untuk anak-anak berlatih menghapal surat-surat pendek. Biasanya 5-10 menit menjelang mereka tidur, kita akan membaca surat-surat mulai dari Al-Fatihah dan mengulang-ulang beberapa kali sampai bacaan si anak lancar.
.
3. Bacalah saat Sholat
Biasakan anak-anak untuk sholat setiap hari sejak dini ya ayah bunda, dan gunakan surat-surat pendek untuk bacaan sholatnya.

4. Konsisten
Ini yang sebetulnya agak susah bagi saya pribadi, karena bukan hanya anak saja yang dituntut untuk konsisten dalam menghapal bacaan surat-surat pendek ini. Tetapi saya sebagai orang tua pun juga harus konsisten dalam mendampingi mereka untuk berlatih menghapal.

5. Tidak usah memaksa
Jangan pernah memberikan target atau memaksa anak-anak untuk menghapal sekian surat dalam waktu sehari misalnya. Biarkan si anak menghapal dengan cara mereka sendiri, meskipun dalam waktu satu hari hanya dapat satu atau dua ayat saja. Karena pada hakikatnya anak juga tidak suka dipaksa melakukan sesuatu. Biarkan mereka ”enjoy” dalam menghapal.

6. Gunakan Media
Selain kelima cara diatas, ada satu cara yang juga sangat ampuh untuk melatih anak menghapal Juz Amma. Berikan mereka media dalam menghapal ya ayah bunda. Media ini bisa apa saja, baik yang audio maupun audio visual. Seperti #HafizJunior yang bisa didengarkan dan diputar per ayat. #HafizDoll yang lengkap murrotalnya dari juz 1-30 atau #SmartHafiz untuk tipe anak Audio Visual dalam menghapal.

Nah ayah bunda, demikian tips dari saya dalam menghapal Juz Amma ya!!
Semoga bermanfaat untuk melatih si kecil menghapal Juz Amma atau Al-Quran.

-bety-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *