Posted on Berikan komentar

Bermain di Luar Ternyata Banyak Manfaatnya

“Jangan lari-lari, nanti jatuh! Jangan panas-panasan, nanti sakit! Jangan main hujan, nanti masuk angin! Jangan main tanah, nanti kotor!”

kebanyakan orangtua yang melarang anaknya untuk keluar rumah adalah takut kotor dan tertular penyakit atau hal yang berbahaya lainnya. Namun, tahukah Bunda bahwa bermain di luar rumah memiliki banyak manfaat bagi si kecil? Salah satunya adalah anak yang sering bermain di luar akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik ketimbang dengan anak yang hanya bermain di dalam rumah.
Dengan bermain di luar rumah, anak akan lebih aktif dan kreatif untuk mengeksplor alam menjadi mainan mereka, dan tentunya hal positif yang dapat bunda dapatkan adalah anak tidak akan kecanduan gadget, yang radiasinya dapat mengakibatkan kerusakan mata pada si kecil.
Nah, itu baru sebagian kecil dari manfaat yang Bunda dapatkan ketika si kecil bermain di luar rumah.

Berikut manfaat main di luar rumah yang kami dapatkan dari https://hellosehat.com :

1. Mendukung Pertumbuhan Tulang Anak

Bermain di luar dapat meningkatkan pertumbuhan tulang anak karena terpaparnya anak dengan sinar matahari yang mengandung banyak vitamin D yang baik untuk tulang

2. Mendorong Anak untuk Olahraga

Dengan bermain di luar rumah akan mendorong mereka berolahraga dengan melakukan aktivitas berlari, melompat, bersepeda dan lain sebagainya.

3. Merangsang Kreativitas dan Imajinasi

Ketika bermain di luar rumah, anak akan dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, tidak hanya melihat, tetapi ia juga bisa menyentuh, mencium dan mendengar sehingga lebih banyak mengaktifkan indera mereka. Hal ini dapat membuat anak berpikir lebih luas, sehingga bisa meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas pada diri si kecil.

4. Melatih Cara Berpikir Anak Untuk Menyelesaikan Masalah

Bermain di luar (apalagi dengan teman) dapat menciptakan tantangan tersendiri untuk anak. Anak menghadapi masalah yang nyata dibandingkan hanya memecahkan masalah di video game. Hal ini kemudian dapat melatih anak berpikir untuk memecahkan masalah mereka sendiri.

5. Melatih Kepercayaan Diri

Hal lain yang didapat anak ketika mereka bermain di luar rumah adalah kepercayaan diri yang tumbuh. Berinteraksi dengan dunia luar -dengan alam dan dengan teman bermainnya- dapat membangun kepercayaan diri anak secara perlahan. Anak butuh keberanian dan kepercayaan diri yang kuat untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang baru, mengenal lingkungan baru.

Dengan begitu banyak manfaat yang didapatkan anak dengan bermain di luar, yuk Bun ajak anak bermain di luar.

-Cahya-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *