Ditulis pada

Bagaimana Anak Penyu Menemukan Jalan ke Samudera?

Sebelumnya, pernahkah teman-teman melihat penyu?
Jika belum pernah melihat, bentuk penyu itu hampir menyerupai bentuk kura-kura. Perbedaannya, bentuk penyu lebih besar daripada bentuk kura-kura. Hal ini sebab penyu adalah kura-kura laut yang hidup di samudera luas.

Nah, sekarang teman-teman sudah bisa membayangkan seperti apa kan penyu itu?

Walaupun penyu hidup di samudera luas, telur penyu diletakkan oleh ibu penyu di dalam pasir pantai loh, teman-teman. Tempatnya ini berjarak sangat jauh dari samudera.

Lalu, bagaimana ya cara penyu kecil sampai ke samudera luas?

Ternyata, bayi penyu tidak perlu belajar di mana letak laut, teman-teman. Penyu itu sudah memiliki naluri alami untuk merayap ke tempat yang lebih rendah dan tertarik pada cahaya bulan di air. Petunjuk itulah yang akan mengarahkannya ke samudera.

Masya Allah, ternyata begitu luar biasa Allah mengatur cara penyu untuk sampai ke samudera!

Oh iya, tahukah teman bahwa jenis kelamin penyu ditentukan oleh suhu sarangnya?
Sarang penyu ada di dalam pasir pantai. Suhu sarang yang hangat akan menghasilkan penyu betina, sedangkan suhu yang sejuk akan menghasilkan penyu jantan.

Pada awal musim panas, hawa yang panas akan menyebabkan suhu di pasir akan cenderung hangat sehingga pada awal musim panas, penyu yang menetas cenderung adalah penyu betina. Sedangkan pada akhir musim panas, karena cuaca menjadi lebih sejuk, sehingga penyu yang menetas cenderung jantan.

Sungguh ajaib ya penggolongan jenis kelamin penyu ini.

Semua tentang penyu dan aneka keajaiban dunia yang lain, ada di dalam buku Widya Wiyata Pertama (WWP) seri aneka keajaiban.

Seru, kan?
Yuk, segera diorder biar bisa menikmati serunya belajar.

Sumber : Buku Widya Wiyata Pertama Seri Aneka Keajaiban

-Cahya-

Please follow and like us:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *