Posted on Berikan komentar

Assalamualaikum… Semangat Malam ?

Alhamdulillah sudah masuk musim penghujan ya rupanya, ayah bunda jangan lupa untuk senantiasa membawa payung dan jas hujan saat hendak bepergian ya. Nah selain kedua barang tadi yang paling penting untuk kita persiapkan juga adalah kesehatan.

Memiliki tubuh yang tetap sehat sangatlah penting agar tak ada pekerjaan yang terbengkalai.

Nah dibawah ini ada beberapa tips agar kita tetap sehat di musim penghujan. Disimak ya ayah bunda.

? Konsumsi Minuman Hangat

Rasa dingin dapat menurunkan daya tahan tubuh Anda. Jadi saat musim penghujan, perbanyaklah mengonsumsi minuman yang dapat menghangatkan tubuh seperti teh atau jahe hangat. Makanan seperti sup, bakso, atau cream soup juga berfungsi menghangatkan tubuh Anda.

? Perbanyak Asupan Vitamin C

Di musim hujan, vitamin C sangat dibutuhkan kehadirannya dalam tubuh manusia karena selain dapat berfungsi sebagai antioksidan, ia juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Anda selalu bisa mendapatkan vitamin C dari berbagai jenis suplemen, tapi akan lebih baik jika Anda memerolehnya dari sumber yang alami. Vitamin C banyak terkandung dalam buah jeruk, kiwi, tomat, dan buah-buahan lain yang berwarna cerah.

? Kurangi Gorengan

Sebaiknya hindari mengonsumsi gorengan, karena makanan yang satu ini penuh dengan minyak sehingga dapat berpengaruh langsung ke tenggorokan atau bisa menyebabkan Anda mudah terserang flu.

? Segera Mandi Setelah Kehujanan

Penyakit dengan mudah akan muncul ketika tubuh Anda mengalami perubahan suhu yang drastis. Oleh karena itu, saat tubuh basah terkena air hujan, sebaiknya Anda segera mandi dan keramas untuk menstabilkan temperatur dingin yang terbawa oleh air hujan. Saat Anda mengeringkan badan, temperatur tubuh bertahap kembali ke suhu normal.

? Kenakan Pakaian yang Tebal dan Hangat

Baju yang Anda kenakan juga akan memengaruhi kesehatan tubuh di musim hujan. Hindarilah menggunakan baju tipis dan transparan, terlebih jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan. Sweater atau cardigan tebal dan hangat akan menjaga tubuh Anda dari udara dingin saat musim hujan.

Demikianlah beberapa tips dari Bang hafiz dan eneng hafizah dokter kesayangan keluarga. Harus tetap semangat menjalani hari meskipun diluar hujan ya ayah bunda. ?

-umi qilaken-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *