Posted on Berikan komentar

Aktivitas Seru Saat Lockdown Diberlakukan

Assalamu’alaikum wr. wb

Sudah hampir beberapa pekan berjalan, masyarakat kita, bahkan dunia banyak yang sudah memberlakukan kebijakan lockdown didaerahnya masing – masing. Hal ini dilakukan karena adanya virus corona atau covid-19 yang sedang mewabah akhir – akhir ini.

Dengan adanya penyebaran virus tersebut, pemerintah membuat kebijakan agar masyarakat tidak melakukan kegiatan -kegiatan rutin seperti biasa di luar rumah dalam jangka waktu 2 minggu untuk menghindari penyebaran virus tersebut.

Nah, kali ini kita kan coba membahas tentang kegiatan atau aktivitas – aktivitas apa saja yang mungkin bisa kita lakukan dirumah, terutama bersama ank – anak, agar jenuh tidak melanda. Karena, anak – anak yang biasa bermain bebas diluar bersama teman – temannya tentu saja akan cepat merasa bosan jika harus berdiam diri dirumah dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

1. Membaca Buku

Ajak anak – anak memilih buku – buku favorit mereka, kemudian bagi anak -anak kita yang belum bisa membaca, kita bisa bacakan buku – buku tersebut mungkin dengan cara kita membacakannya, kita peragakan, jika dongeng, kita bisa sambil memerankan tokoh – tokoh yang ada dalam dongeng tersebut, atau kita pilihkan buku – buku yang bergambar, sehingga anak -anak akan lebih tertarik dan merasa senang.

2. Menonton Film

Anak Рanak kebanyakan menyukai menonton, terutama menonton film. Kita selaku orang tua,bisa memilihkan film Рfilm yang sesuai untuk usia mereka, yang tidak mengandung unsur pembulian, kekerasan,  bahkan pornografi. Jangan lupa, kita dampingi mereka saat mereka menonton ya.

3. Berolahraga

Ajak anak -anak berolahraga, minimal sekali dalam sehari. Kita bisa ajak anak – anak melakukan pemanasan sederhana, loncat – loncat ringan, berlari – lari kecil atau kita putarkan video senam untuk anak – anak yang lucu dan menarik lho. Oya, jangan lupa ajak anak – anak untuk berjemur ya, karena sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan.

4. Mengerjakan Kuis / Tugas

Bagi anak – anak kita yang sudah bersekolah, tentunya setiap harinya, akan ada tugas – tugas yang dikirim oleh guru disekolahnya, nah..kita bisa arahkan anak untuk tetap mengerjakan tugas, meski mereka sedang tidak bersekolah. Kemudian untuk anak -anak kita yang belum bersekolah, misalnya usia balita, kita bisa carikan kegiatan – kegiatan menarik seperti mewarnai gambar – gambar lucu, mengerjakan puzzle, dan banyak hal lain yang bisa membuat mereka merasa enjoy dirumah.

5. Membersihkan Rumah

Walaupun masih kecil, kita masih bisa mengajak anak – anak kita untuk membersihkan rumah lho, tentunya kita pilihkan yang ringan – ringan saja ya, misal, ajak anak – anak membersihkan kamarnya, membereskan kamar mereka, mainan, dan buku – buku mereka.

Naah…tidak ada salahnya kalau kita coba yuuk…

Sekian, semoga bermanfaat.

Assalamu’alaikum wr wb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *